RPP BERDIFERENSIASI HARNINGSIH

PEMETAAN KETERAMPILAN SOSIAL EMOSIONAL

UNTUK RUANG LINGKUP TERINTEGRASI DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

JENIS KETERAMPILAN SOSIAL EMOSIONAL

RUANG LINGKUP

TERINTEGRASI DALAM MATA PELAJARAN

Pengelolaan diri – Mengelola emosi dan fokus

Teknik mindfull breathing atau latihan bernafas dengan sadar.

https://www.youtube.com/watch?v=ihwcw_ofuME tentang

3 Minutes Body Scan Meditation - Mindfulness For Kids And Adults. Selama 3 menit murid mengikuti petunjuk dalam video untuk merasakan nafas masuk dan keluar. Kegiatan ini diharapkan dapat menenangkan diri sehingga dapat fokus ketika melakukan pembelajaran

 

Keterampilan berhubungan sosial - daya lenting (resiliensi)

1.    Teknik

Teknik yang tepat untuk menumbuhkembangkan keterampilan daya lenting atau resiliensi  dalam ruang lingkup terintegrasi dalam mata pelajaran adalah teknik membuat kolase diri. Teknik ini diterapkan dalam pembelajaran membuat Teks ulasan .

Kegiatan pengembangan keterampilan ini dilakuka di awal pembelajaran (kegiatan inti bagian pembukaan) sebagai apersepsi yang sekaligus berfungsi untuk menentukan kesiapan belajar (readyness)

2.    Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru

Hal yang dilakukan guru antara lain

a.       Sebelum pembelajaran teks ulasan dimulai , guru menyuruh murid menyiapkan kertas, lem, majalah, dan alat tulis lainnya

b.       Guru mengajak murid untuk membuat ilustrasi tentang siapa dirinya terkait dengan KD yang dipelajari. Misalnya

·         Apakah murid telah mengetahui tentang teks ulasan

·         Apakah murid mengetahui karya apa saja yang dapat diulas

·         Apakah murid pernah membaca teks ulasan

·         Apakah murid telah mengetahui struktur teks ulasan

·         Apakah murid telah mengetahui unsur-unsur apa saya yang akan diulas dari sebuah karya

·         Apakah murid memiliki cukup diksi/kosakata untuk membuat teks ulasan

c.       Guru memerintahkan kepada murid untuk menuliskan kekuatan, pengetahuan dan potensinya sehingga semua pemantik untuk mendeskripsikan “siapa dirinya” tersebut terjawab

d.      Guru memerintahkan kepada murid untuk mengidentifikasi strategi yang akan dilakukan jika deskripsi ilustrasi tersebut belum dikuasai

e.      Guru memerintahkan kepada murid untuk menentukan karya apa yang akan diulas (sesuai minatnya) agar lebih mudah dalam memecahkan masalah dalam menyusun teks ulasan

f.        Guru memerintahkan murid untuk merumuskan apa manfaat atau nilai-nilai yang dapat diperoleh ketika dapat mengatasi masalah dalam membuat teks ulasan  

 

3.    Penjelasan tentang apa yang dikatakan murid

Hal yang dikatakan murid antara lain

a.    Sebelum pembelajaran teks ulasan dimulai ,murid menyiapkan kertas, lem, majalah, dan alat tulis lainnya untuk menuliskan ilustrasi tentang dirinya

b. murid untuk membuat ilustrasi tentang siapa dirinya terkait dengan KD yang dipelajari. Misalnya

·      Apakah murid telah mengetahui tentang teks ulasan

·      Apakah murid mengetahui karya apa saja yang dapat diulas

·      Apakah murid pernah membaca teks ulasan

·      Apakah murid telah mengetahui struktur teks ulasan

·      Apakah murid telah mengetahui unsur-unsur apa saya yang akan diulas dari sebuah karya

·      Apakah murid memiliki cukup diksi/kosakata untuk membuat teks ulasan

c. murid menuliskan kekuatan, pengetahuan dan potensinya sehingga semua pemantik untuk mendeskripsikan “siapa dirinya” tersebut terjawab

d. murid  mengidentifikasi strategi yang akan dilakukan jika deskripsi ilustrasi tersebut belum dikuasai

e.    murid  menentukan karya apa yang akan diulas (sesuai minatnya) agar lebih mudah dalam memecahkan masalah dalam menyusun teks ulasan

f.     murid untuk merumuskan apa manfaat atau nilai-nilai yang dapat diperoleh ketika dapat mengatasi masalah dalam membuat teks ulasan  

 

4.    Penjelasan tentang tujuan

Tujuan teknik membuat kolase diri untuk menyelesaikan masalah dalam menmbuat teks ulasan adalah agar murid dapat memiliki ketahanan/daya lenting yang tinggi apabila mereka mengalami kesulitan dalam membuat teks ulasan. Untuk itu siswa tidak akan menyerah dan berhenti di tengah jalan dan agar tetap berusaha karena setelah mengenali “kemampuan diri” dari kolase yang dibuat mereka akan gigih dalam mengatasi dan memilih strategi yang tepat agar dapat sukses membuat teks ulasan yang baik  sesuai dengan minatnya

 

Pengambilan keputusan yang bertanggun jawab

1.    Teknik

Teknik yang diterapkan untuk menumbuhkembangkan keterampilan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab adalah “Membuat konsekuensi dan tujuan” .  Kegiatan membuat konsekuensi dan tujuan ini dilaksanakan di akhir pembelajaran sebagai kegiatan refleksi (kegiatan penutup). Catatan konsekuensi dan tujuan kemudian diperlihatkan kepada guru pada pertemuan berikutnya (di  awal pembelajarannya berikutnya)

 

2.    Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru

a.       Setelah pembelajaran selesai,guru meminta murid untuk menyiapkan selembar kertas  atau mendownload file word lampiran  2  lembar konsekuensi dan goals sebagai bahan refleksi

b.      Guru meminta murid untuk mengisi lembar kerja refleksi tersebut sesuai dengan kompetensi pribadi masing-masing 

 

3.    Penjelasan tentang apa yang dikatakan murid

a.       Murid menuliskan konsekuensi “jika aku tidak belajar” pada tempat yang tersedia

b.      Murid menuliskan konsekuensi “jika aku belajar” pada tempat yang tersedia

c.       Murid menuliskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada tempat yang tersedia

d.      Murid mengirimkan lembar refleksi sebelum pembelajaran untuk pertemuan berikutnya

e.      Murid menempelkan lembar refleksi di meja belajar atau di kamar atau di tempat strategis sehingga terbaca setiap saat

 

4.    Penjelasan tentang tujuan

Tujuan dari teknik ini adalah agar murid dapat :

a.       Mengevaluasi  “situasi” diri mereka apakah dapat mencapai tujuan atau belum

b.      Menganalisis alternatif pilihan mereka sehingga dapat menentukan pilihan yang tepat untuk mengatasi masalah yang dihadapi

c.       Mempertimbangkan konsekuensi dari masing-masing pilihan, khususnya untuk diri mereka sendiri dan orang lain.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


PEMETAAN KEBUTUHAN BELAJAR BERDASARKAN MINAT TERHADAP KARYA

KOMPETENSI DASAR

3.12 Menelaah struktur dan kebahasaan teks ulasan (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang diperdengarkan dan dibaca.

4.12 Menyajikan tanggapan tentang   kualitas karya (film, cerpen, puisi,novel, karya seni daerah, dll.) dalam bentuk teks ulasan secara lisan dan tulis dengan  memerhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek isan.

TUJUAN PEMBELAJARAN

          Peserta didik dapat  membuat teks ulasan yang berisi tanggapan tentang kualitas suatu karya

Tabel Pemetaan Kebutuhan Berdasarkan Minat Siswa Kelas VIII C

 

Minat

Film

Cerpen

Puisi

Lagu

Novel

Lukisan

Drama/sinetron

Keterangan

Nama Siswa

Arthur, Riga, Muamar, Dila,

(4 siswa)

Nailatul, Elyana,Wimanda, Kenia, Arthika

(5 siswa)

Elis, Maylani,

(2 siswa)

Mujib, Yulian, Pandu, Noufal, Nabil, Dafa,Wahyu, Attahaya, Bayu

(9 siswa)

Michelle, Siti Laksamananuja,

(3 siswa)

 

Adelia, Lintang, Dewi Kesuma, Aprilia, Tenty, Ririn, Ratu, Qonita, Ratri

(9 siswa)

Berdasarkan informasi ini dipilih strategi diferensiasi konten dan diferensiasi produk

Produk

Membuat teks ulasan tentang film yang disukai

Membuat teks ulasan tentang cerpen yang disukai

Membuat teks ulasan tentang puisi yang disukai

Membuat teks ulasan tentang lagu yang disukai

Membuat teks ulasan tentang novel yang disukai

Membuat teks ulasan tentang lukisan yang disukai

Membuat teks ulasan tentang sinetron yang disukai

Pembelajaran KD pengetahuan menelaah struktur kebahasaan tentang kualitas karya dengan strategi diferensiasi konten. Artinya siswa diberi materi teks ulasan sesuai dengan minat siswa tersebut. Yang senang film diberi materi teks ulasan film, yang senang lagu diberi materi teks ulasan lagu dlll

Pembelajaran KD keterampilan menyajikan tanggapan tentang kualitas suatu karya ini menggunakan strategi pembelajaran diferensiasi produk. Artinya siswa menentukan sendiri karya yang akan diulas/ditanggapi berdasarkan minat siswa terhadap karya yang dipilih


 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH

RPPJJ

TEKS ULASAN KD 3.12 DAN 4.12

 

Nama Sekolah : SMPN 1 Kalibawang                           Kelas/Semester           : VIII/2

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia                                Tahun Pelajaran          : 2020/2021

Materi              : Teks Ulasan KD 3.12-4.12                Alokasi Waktu            : 2x pertemuan(2X3jp)

 

 

KD PENGETAHUAN

KD KETERAMPILAN

3.12 Menelaah struktur dan        kebahasaan teks ulasan  yang diperdengarkan dan         dibaca.

4.12 Menyajikan tanggapan tentang

        kualitas karya  dalam bentuk teks ulasan secara  lisan dan tulis dengan   memperhatikan struktur, unsur  kebahasaan, atau aspek lisan.

 

Media Pembelajaran dan Sumber belajar :

  1. Jbclass dan WAG
  2. Link Youtube

a.       Video  mindful breathing  di link https://www.youtube.com/watch?v=ihwcw_ofuME  tentang 3 Minutes Body Scan Meditation - Mindfulness For Kids And Adults.

b.      Pengertian, ciri-ciri dan struktur teks ulasan di https://youtu.be/tGVTzpzvtwM

c.       Cara menulis teks ulasan dan jenis-jenis teks ulasan di https://youtu.be/EBylpwoZ0Fk

  1. Modul Teks Ulasan dikirim melalui jbclass dan WAG
  2. Buku siswa
  3. Buku guru

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Dengan kesadaran penuh, kerja keras, dan tanggung jawab, murid dapat menelaah stuktur dan kebahasaan teks ulasan (film, cerpen, puisi, novel,agu, karya seni daerah dll) yang diperdengarkan dan dibaca dengan tepat
  2. Dengan kesadaran penuh, kerja keras, dan tanggung jawab, murid dapat menyajikan tanggapan tentang kualitas karya (film, cerpen, novel, puisi,lagu,  karya seni daerah dll) dalam bentuk teks ulasan secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan dengan tepat.

 

 PERTEMUAN PERTAMA (3 JP =90 menit)

KEGIATAN PENDAHULUAN (5 menit)

1.     Ucapan salam, sapa, doa

2.     Murid diminta mempraktekkan latihan bernapas dengan sadar melalui  video mindfull breathing di link https://www.youtube.com/watch?v=ihwcw_ofuME  tentang 3 Minutes Body Scan Meditation - Mindfulness For Kids And Adults agar lebih rileks dan fokus pada pembelajaran.

3.     Setalah siswa rileks , guru menyampaikan tujuan pembelajaran 

4.     Aperseps tentangi teks ulasan dengan menghubungkan pengetahuan, pengalaman lama dan pengetahaun, pengalaman baru dengan tujuan untuk memudahkan siswa memahami materi yang akan diajarkan melalui media WA dan JBClass.

KEGIATAN INTI (75menit)

Kegiatan inti awal (10 menit)

1.     Murid membuat kolase diri yang menggambarkan kemampuan walnya tentang teks ulasan dengan mengisi lampiran 1 yang dishare di WAG . Lampiran 1 merupakan lembar observasi kolase diri yang harus diisi oleh siswa.

2.     Dengan mengisi lembar ini diharapkan murid memahami “posisi diri” nya sehingga dapat menentukan langkah agar dapat mengerjakan tugas pembelajaran teks ulasan.   

3.     Setelah mengisi lembar kolase diri siswa  diharapkan memiliki resiliensi sehingga tidak mudah menyerah ketika mendapatkan kesulitan atau masalah dalam menyelesaikan tugas

 

 

Kegiatan inti pembelajaran (65 menit)

1.    Murid membuka video pembelajaran tentang ciri-ciri dan struktur teks ulasan di link https://youtu.be/tGVTzpzvtwM

2.    Murid  ditugaskan untuk eksplore di google mencari teks ulasan sesuai minatnya (puisi, film, drama/sinetron, lagu,novel )

a.       Siswa yang gemar puisi mencari  contoh teks ulasan  puisi dan ditelaah struktur dan unsur kebahasannya

b.      Siswa yang gemar cerpen mencari  contoh teks ulasan  cerpen dan ditelaah struktur dan unsur kebahasannya

c.       Siswa yang gemar novel mencari  contoh teks ulasan  novel dan ditelaah struktur dan unsur kebahasannya

d.      Siswa yang gemar film mencari  contoh teks ulasan  film dan ditelaah struktur dan unsur kebahasannya

e.       Siswa yang gemar drama/sinetron  mencari  contoh teks ulasan  drama/sinetron dan ditelaah struktur dan unsur kebahasannya

f.       Siswa yang gemar lagu mencari  contoh teks ulasan  lagu dan ditelaah struktur dan unsur kebahasannya

3.    Murid menelaah struktur  teks ulasan mereka masing-masing  (sesuai minat dan kesenangannya )dengan berpedoman pada Lembar Kegiatan Pembelajaran Murid (LKPM) serta mengerjakan tugas lain yang ada di LKPM yang dikirim melalui WAG dan di jbclass

4. Murid mendiskusikan  di WAG jika mengalami kesulitan.

5.      Untuk menambah referensi murid dapat membaca Modul Teks Ulasan yang telah dikirimkan ke murid melaui WAG dan Jbclass

 

KEGIATAN PENUTUP (10 menit)

Sebelum pembelajaran ditutup

1.     Murid  diingatkan untuk presensi di link bit.ly/dafdir8Maret

2.    Murid  diberi tugas untuk membuat refleksi diri dengan membuat “konsekuensi dan tujuan” pada lembar 2 refleksi konsekuensi diri agar dapat melakukan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab

3.    Murid menempelkan  “ koensekuensi dan tujuan “ di meja belajar masing-masing atau di tempat strategis yang dapat  selalu terlihat oleh siswa (setelah difoto dan dikirim melalui WA) sebelum pertemuan berikutnya

Refleksi

·         Pada peertemuan pertama ini, keterampilan sosial emosional yang ditumbuhkan adalah pengelolaan diri (mengelola emosi dan fokus, resiliensi dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab

·         Pada pertemuan pertama ini guru menggunakan strategi pembelajaran diferensiasi konten dengan membebaskan murid mencari teks ulasan sesuai minatnya (film, sinetron/drama/puisi/cerpen/lagu) untuk ditelaah struktur dan unsur kebahasaannya.

PERTEMUAN KEDUA

KEGIATAN PENDAHULUAN (5 menit)

1.      Ucapan salam, sapa, dan doa

2.      Murid menunjukkan tugas “konsekuensi dan tujuan” yang telah dibuat sebelumnya sebagai bentuk pembelajaran sosial emosional tentang pengambilan keputusan yang bertanggung jawab

3.      Guru mengapresiasi kegiatan refleksi murid pada pembelajaran sebelumnya tersebut  dengan ucapan terima kasih dan bentuk penghargaan lainnya melalui  chat di WAG atau dengan pesan suara

4.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran untuk  pertemuan kedua

 

KEGIATAN INTI (75 menit)

Kegiatan inti awal

1.    Murid diharapkan benar-benar memahami tugas membuat “konsekuensi dan tujuan” sehingga ia sadar apa konsekuensi jika tidak belajar dan belajar

2.    Murid diharapkan benar-benar sadar apa manfaat pembelajaran dan tujuan pembelajaran sehingga dapat mengambil keputusan yang bertanggung jawab

Kegiatan inti pembelajaran

1.    Murid membuka video pembelajaran tentang langkah-langkah menulis teks ulasan serta jenis teks ulasan di link https://youtu.be/EBylpwoZ0Fk

2.    Murid melakukan diskusi interaktif (bisa melalui WA/google classroom/dll) tentang langkah-langkah membuat teks ulasan yang ada di video .

3.    Murid menentukan sebuah karya yang akan diulas sesuai minatnya

4. Murid secara mandiri membuat kerangka teks ulasan dengan memerhatikan unsur-unsur  karya yang akan diulas (film/novel,cerpen,puisi, drama/sinetron, dan lagu).

5. Murid membuat teks ulasan sesuai dengan minat/kesukaannya (diferensiasi produk)

a)          Murid yang menyukai  film membuat teks ulasan tentang film

b)        Murid yang menyukai puisi membuat teks ulasan tentang puisi

c)         Murid yang menyukai drama/sinetron membuat teks ulasan tentang sinetron

d)        Murid yang menyukai cerpen membuat teks ulasan tentang cerpen

e)         Murid yang menyukai lagu membuat teks ulasan tentang lagu

f)         Murid yang menyukai novel membuat teks ulasan tentang novel

6.      6. Murid menuliskan hasil kerja di Jbclass

 

KEGIATAN PENUTUP (10 menit)

1.    Murid  merefleksi kegiatan pembelajaran dengan mengirimkan emoticon/emosi yang sesuai dengan apa yang dirasakan setelah menyelesaikan pembelajaran disertai dengan alasan melalui chat di WAG

Misal ; senang karena  dapat memahami materi dan menyelesaikan tugas

 

 sedih karena belum dapat memahami materi dan menyelesaikan tugas

 

2.    Murid untuk berlatih mengerjakan soal latihan  yanag ada di jbclass untuk menambah pemahaman

3.    Murid memperoleh informasi kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya

4. Guru mengingatkan siswa untuk presensi/mengisi daftar hadir di link bit.ly/dafdir8Maret

5. Guru meminta peserta didik agar terus menjaga kesehatan, semangat belajar di rumah dan tetap di rumah saja dan berdoa

 

Refleksi guru

·      Pada pertemuan kedua ini keterampilan sosial dan emosional yang dikembangkan adalah pengambilan keputusan yang bertanggung jawab (lanjutan oertemuan pertama) dan pengenalan emosi (di refelksi dengan mengirimkan emoji perasaan setelah melakukan pembelajaran dan alasannya)

·      Pada pertemuan kedua ini guru menggunakan strategi diferensiasi produk dengan membebaskan murid mengulas karya sesuai minat/kesukannya  (film/drama/puisi/cerpen/lagu/novel)

 

PENILAIAN

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan

(Dilakukan dalam pengamatan chat WA)

1.tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas.

2.Disipilin dalam menyelasaikan tugas (tepat waktu)

3.Kemandirian (selalu fokus dalam kegiatan pembelajaran)

Penilaian proses melalui LKPM    dan soal latihan berbentuk  pilihan ganda yang disampaikan dalam jbclass dan WA

Soal dalam bentuk produk teks ulasan yang disesuaikan dengan minat siswa

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

 

Sri Haryani, S.Pd

NIP. 196510211989032009

 

 

 


 

 

Kalibawang , Maret    2021

Guru Mapel Bahasa Indonesia

 

 Harningsih, S.Pd

NIP. 197503072008012005

 

 

 

JURNAL KOLASE DIRI  PEMAHAMAN TEKS ULASAN

UNTUK KSE RESILIENSI

 

NO

NAMA SISWA

CATATAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

JURNAL DIRI  KONSEKUENSI DAN GOALS

UNTUK KSE PENGAMBILAN KEPUTUSAN YANG BERTANGGUNG JAWAB

 

NO

NAMA SISWA

CATATAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 


 

Lampiran 3

LEMBAR KEGIATAN PEMBELAJARAN MURID (LPKM)

PERTEMUAN PERTAMA (ASPEK PENGETAHUAN)

 

Sekolah                                                : SMPN 1 Kalibawang

Mata Pelajaran                 : Bahasa Indonesia

Materi                                  : Teks Ulasan

Nama                                    :.....................................

Kelas/Nomor Absen       :.....................................

 

A.   Kompetensi Dasar

3.12 Menelaah struktur dan kebahasaan teks ulasan  yang diperdengarkan dan         dibaca

4.12 Menyajikan tanggapan tentang  kualitas karya  dalam bentuk teks ulasan secara  lisan dan tulis dengan   memperhatikan struktur, unsur  kebahasaan, atau aspek lisan

 

B.    Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari materi ini, murid mampu

  1. Menelaah stuktur dan kebahasaan teks ulasan (film, cerpen, puisi, novel,agu, karya seni daerah dll) yang diperdengarkan dan dibaca dengan tepat
  2. Menyajikan tanggapan tentang kualitas karya (film, cerpen, novel, puisi,lagu,  karya seni daerah dll) dalam bentuk teks ulasan secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan dengan tepat.

 

C.    Petunjuk

1.    Pelajarilah  materi tentang teks ulasan melalui link youtube, buku siswa maupun Modul  Teks Ulasan

2.    Kerjakan dengan penuh tanggung jawab pada lembar kegiatan pembelajaran murid ini

3.    Hasil kerja aspek pengetahuan ini dikirim dalam bentuk file atau foto melalui email, atau WAG

 

D.   Kegiatan Aspek Pengetahuan

Kerjakan tugas berikut selama proses PJJ berlangsung dengan mengikuti petunjuk guru.

 

1.    a. Eksplore google dan cari sebuah teks ulasan sesuai minat kalian

(film,drama,cerpen,puisi,novel,lagu)

b.    Telaah teks ulasan pilihan kalian tersebut dengan mengisi tabel berikut ini

No

Unsur/struktur teks

Paragraf ke-

Bukti kutipan kalimat

1.

Judul ulasan

 

 

2.

Identitas karya

 

 

3.

Orientasi/gambaran umum karya

 

 

4.

Penafsiran/analisis (kelemahan/kelebihan)

 

 

5.

Rangkuman analisis

 

 

6.

Simpulan (baik/tidak, cocok dinikmati siapa saja)

 

 

7.

Unsur kebahasaan

 

 

 

 

2. Cermati kutipan teks ulasan berikut kemudian identifikasi kutipan tersebut termasuk struktur bagian......

No

Kutipan teks ulasan

Bagian

a.

Heal The World merupakan sebuah lagu yang dirilis pada tahun 1991 oleh King of Pop dunia yaitu Michael Jackson. Heal The World dirilis dalam sebuah bentuk album yang berjudul “Dangerous” dengan diiringi cover album yang bergambar tangan mengangkat bumi yang penuh dengan perban luka didalamnya.Heal The World menurut arti bahasa Indonesia berarti menyembuhkan sebuah bumi.

 

b.

Anggota Laskar Pelangi memiliki karakter serta bakat yang berbeda-beda didalamnya. Ikal merupakan tokoh “aku“ terhadap cerita ini. Lintang merupakan teman sebangku Ikal, dimana ialah anak yang luar biasa jeniusnya.

Sahara merupakan satu-satunya gadis dalam anggota Laskar Pelangi yang mempunyai sikap keras kepala serta berpendirian kuat dimana sangat begitu patuh terhadap ajaran agama.

Mahar ialah pria tampan bertubuh kurus ini, mempunyai bakat serta minat besar terhadap seni. A Kiong merupakan keturunan Tionghoa serta pengikut sejati Mahar sejak kelas satu tersebut.

Syahdan adalah anak nelayan yang dalam cerita ini tak pernah menonjol. Kucai adalah ketua kelas sepanjang generasi sekolah Laskar Pelangi. Borek adalah pia besar maniak otot. Harun adalah pria yang memiliki keterbelakangan mental.

 

c.

Dalam mengupas konflik yang gelap ini, penulis tidak melakukannya sekaligus dan buru-buru, sehingga pembaca tidak kehabisan napass ketika membacanya. Yang terjadi justru sebaliknya. Penulis mengupasnya satu per satu dengan sabar dan telaten. Seperti melepas satu per satu bagian dari bawang dengan tempo yang tepat, hingga bisa membuat pembaca menangis simpati.

Selain itu, hal yang menjadi nilai tambah di sini adalah terapi psikologis yang diceritakan dalam buku ini ternyata memang berlaku di dunia nyata. Terapinya dijelaskan dengan detail lengkap dengan istilah-istilahnya. Wajar, katanya si penulis adalah seorang psikolog juga. Tapi tenang, meskipun ada istilah psikologis yang asing, pembaca tidak akan bingung karena akan ada penjelasan ringan yang menyertainya.

 

d.

Film ini menceritakan tentang Vino dan keluarganya yang harus pindah ke pedesaan yang ada di Bandung dan tanpa sengaja melihat seorang gadis berkerudung merah lewat menuju area persawahan ketika sudah senja. Sejak saat itu, Vino yang tidak suka terhadap kepindahannya di Bandung justru menjadi suka dan berusaha mencari tahu siapa gadis yang berjalan dengan kerudung merah tersebut.

 

Sumber kutipan : https://voi.co.id/contoh-teks-ulasan/

 

Lampiran 4

 

LEMBAR KEGIATAN PEMBELAJARAN MURID (LPKM)

PERTEMUAN KEDUA(ASPEK KETERAMPILAN)

 

Sekolah                                                : SMPN 1 Kalibawang

Mata Pelajaran                 : Bahasa Indonesia

Materi                                  : Teks Ulasan

Nama                                    :.....................................

Kelas/Nomor Absen       :.....................................

 

E.    Kompetensi Dasar

3.12 Menelaah struktur dan kebahasaan teks ulasan  yang diperdengarkan dan         dibaca

4.12 Menyajikan tanggapan tentang  kualitas karya  dalam bentuk teks ulasan secara  lisan dan tulis dengan   memperhatikan struktur, unsur  kebahasaan, atau aspek lisan

 

F.    Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari materi ini, murid mampu

  1. Menelaah stuktur dan kebahasaan teks ulasan (film, cerpen, puisi, novel,agu, karya seni daerah dll) yang diperdengarkan dan dibaca dengan tepat
  2. Menyajikan tanggapan tentang kualitas karya (film, cerpen, novel, puisi,lagu,  karya seni daerah dll) dalam bentuk teks ulasan secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan dengan tepat.

 

G.   Petunjuk

1.    Pelajarilah  materi tentang  langkah-langkah membuat steks ulasan melalui link youtube, buku siswa maupun Modul  Teks Ulasan

2.    Kerjakan dengan penuh tanggung jawab pada lembar kegiatan pembelajaran murid ini

3.    Hasil kerja aspek keterampilan ini dikirim dalam bentuk file atau foto melalui email, atau WAG

 

H.   Kegiatan Aspek Keterampilan

Kerjakan tugas berikut selama proses PJJ berlangsung dengan mengikuti petunjuk guru.

 

Menyajikan Tanggapan tentang Kualitas Karya

Menulis itu gampang! Begitulah  ungkapan yang pernah disampaiakan pengarang terkenal dalam sebuah bukunya. Ya, ungkapan itu memang tidak berlebihan asalkan kita mau berlatih dengan sungguh-sungguh. Setiap orang bisa menjadi seorang penulis jika terus berlatih menulis berbagai teks dengan sungguh-sungguh. Menulis teks ulasan pun bukan perkara sulit. Selain mempunyai pemahaman terhadap karya yang memadai, hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah memahami struktur isi kebahasaan yang digunakan dalam teks tersebut.

Inti dari teks ulasan sebenarnya terletak pada kemampuan pengulas dalam menemukan keungulan dan kelemahan karya yang diulas. Keunggulan dan kelemahan yang diungkapkan perlu disertai alasan dan bukti yang meyakinkan sehingga dapat dipertanggungjawabkan kepada pembaca. Agar lebih mudah dalam menyusun teks ulasan, ikuti langkah-langkah berikut :

1.      Tentukan jenis karya sastra, seperti cerpen, novel, film, puisi, musik, atau drama yang akan diulas sesuai dengan minat kalian masing-masing.

2.      Bacalah karya tersebut berulang-ulang hingga kita dapat memahami dan merasakan keindahannya. Amati dan cermati bagian-bagian penting dalam karya tersebut. Untuk karya film atau lagu simak dan dengarkan baik-baik film atau lagu tersebut.

3.      Tuliskan garis besar bagian-bagian penting dalam karya tersebut pada selembar kertas.

4.      Buatlah kerangka teks ulasan berdasarkan bagian-bagian struktur teks yang telah diketahui.

5.      Kembangkan garis besar bagian-bagian tersebut ke dalam beberapa kalimat hingga terbentuk menjadi paragraf.

6.      Tulislah pendapatmu tentang karya tersebut. Pendapat boleh bebas tetapi netral. Tuliskan kelemahan dan kelebihan karya tersebut secara berimbang.

7.      Jangan lupa cantumkan identitas karya yang diulas serta beri judul teks ulasan tersebut.

Langkah-langkah tersebut bukanlah satu-satunya acuan. Pada dasarnya Anda dapat mengembangkan langkah-langkah tersebut berdasarkan kreativitas Anda sendiri. Selamat berkarya!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 5

RUBRIK PENILAIAN

  1. ASPEK PENGETAHUAN

1.    Tugas 1 

No

Unsur/bagian teks yang dapat diidentifikasi

Skor maksimal

1.

 Judul ulasan

2

2.

 Identitas karya

2

3.

Orientasi/gambaran umum karya

3

4.

Penafsiran/analisis (kelemahan/kelebihan)

3

5.

Rangkuman analisis

3

6.

Simpulan secara umum

3

7.

Unsur kebahasaan

4

TOTAL SKOR

20

2.    Tugas 2

KRITERIA

SKOR

SKOR MAKSIMAL

Dapat mengidentifikasi 4 bagian teks dengan benar

8

 

 

 

 

 

8

Dapat mengidentifikasi 3 bagian teks dengan benar

6

Dapat mengidentifikasi 2 bagian teks dengan benar

4

Dapat mengidentifikasi 1 bagian teks dengan benar

2

Tidak dapat mengidentifikasi  bagian teks dengan benar

0

 

Perolehan Skor tugas 1 + Skor tugas 2

NILAI ASPEK PENGETAHUAN  = -----------------------------------------------------  X 100

Skor maksimal 1 + Skor maksimal 2

 

Skor tugas 1 + Skor tugas 2

=   .......................................................................... X 100

28

 

 

  1. ASPEK KETERAMPILAN

Pedoman penilaian

 

 

Nilai Keterampilan = Perolehan skor produk teks ulasan

 


 

 

 

Rubrik Penilaian Teks Ulasan

 



 

 

 

 

  1. PENILAIAN SIKAP

Sikap yang dinilai              : tanggung jawab, kemandirian, dan disiplin

 Strategi                                : Observasi

 Alat                                       : Catatan Anekdot

No

Nama Murid

Tanggal/catatan sikap

Tanggal/catatan sikap

Tanggal/catatan sikap

Tanggal/catatan sikap

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat kesepakatan kelas